Tips Jitu Belajar Matematika

Matematika adalah mata pelajaran wajib bagi setiap jenjang pendidikan. Mulai dari jenjang sekolah dasar atau SD sampai SMA (Sekolah Menengah Atas) wajib hukumnya untuk belajar matematika. Sebenarnya sejak  TK bahkan Paud sudah mulai dikenalkan angka-angka yang berhubungan dengan matematika . Begitu pentingnya matematika untuk kehidupan memang mengharuskan setiap orang bisa menguasai materi ini atau paling tidak bisa menghitung karena menghitung adalah hal wajib dalam kehidupan. Misal saja ketika membeli sesuatu kita harus mengeluarkan beberapa uang. Nah disini kita dituntut untuk mampu menghitung agar kita tidak dirugikan sendiri saat berbelanja atau beli.

Matematika merupakan mata pelajaran ‘paling tidak disukai’ dan menjadi momok yang begitu menakutkan bagi sebagian besar siswa. Rumus yang begitu banyak dan rumit memang sangat menyusahkan. Saya juga merasakan hal demikian. Jujur saja dulu saat kelas 3 SMA , saya kebingungan sendiri karena waktu yang begitu mepet dengan ujian sedangkan saya masih nol besar dan hampir dikatakan belum menguasai pelajaran. Sebenarnya andai kata sejak kelas 1 sma sudah paham dasarnya matematika saya percaya di kelas 3 nanti pasti akan sangat mudah.

Nah saat awal semester dua ini saya mulai menyadari betapa terlambatnya saya dalam belajar, terutama matematika. Akhirnya saya benar-benar fokus saat pelajaran matematika ini dan akhirnya sedikit demi sedikit mulai memahaminya. Lama-lama saya juga menyadari betapa mudah sebenarnya pelajaran matematika. Maka dari itu saya akan membagikan sedikit pengalaman saya cara belajar matematika agar mudah memahami materinya.

    Fokus!

Yang pertama dan sangat penting adalah fokus! Fokus ini sangat sulit untuk dilakukan jadi jangan anggap remeh hal tersebut. Fokus sangat penting saat belajar matematika. Fokus disini maksudnya adalah sungguh-sungguh ingin bisa! Fokus saat dijelaskan guru di sekolah atau bimbingan belajar adalah hal utama dalam belajar. Saat pelajaran usahakan fokus dan pahami apa yang disampaikan guru saat pembelajaran. Mungkin jika biasanya saat dijelaskan guru malah main sendiri dibelakang, cobalah untuk merubahnya. Anda tidak akan pernah bisa jika tidak memperhatikan! Itu sudah pasti. Apalagi jika dirumah tidak pernah belajar, jangan pernah berharap bisa deh. Banyak yang sudah menyadari ini tetapi tetap saja mainan saat dijelaskan, mana mungkin akan bisa. Jika kamu sudah merasa fokus tetapi tetap tidak bisa, tandanya kamu belum memahami betul apa yang disampaikan guru, maka dari itu lanjut ke nomor dua.

    Pahami sedikit demi sedikit.

Seperti pepatah, sedikit demi sedikt maka akan menjadi bukit. Yak, sama aja seperti belajar matematika. Kamu tidak akan bisa memahami semua materi dalam sekali belajar. Pahami dari dasarnya, sedikit demi sedikit pasti akan paham. Ibarat kamu makan jika makan terlalu banyak pasti akan muntah kan? Ya sama dengan belajar ini, apalagi matematika. Memahami sedikit demi sedikit adalah hal yang harus kamu lakukan. Jika otakmu seperti Einstein lah baru bisa langsung belajar banyak. Lah orang otak kita jauh sekali disbanding Einstein mana bisa memahami banyak materi dalam sekali belajar. Maka belajar dan terus belajar adalah cara utamanya. Nah setelah kamu merasa sudah paham, sekarang tinggal menguji apakah kamu memang sudah benar-benar paham atau belum. Caranya gimana? caranya akan dijelaskan pada point ke 3.

    Latihan mengerjakan soal.

Nah sekarang saatnya menguji kemampuanmu. Mengui disini bersifat informal ya, bukan formal seperti tes sekolah. Coba cari soal-soal dibuku dari sekolahmu. “boleh nggak kalau soal dari internet? Jawaban saya tidak! Mengapa? karena menurut saya tingkat kesulitan soal-soal diinternet tidak begitu berat dan ditambah lagi biasanya sudah ada pembahasannya. Maka saya menyarankan agar cari soal dari buku secara langsung. Selanjutnya kerjakan soal sebisa kamu. Dan ada satu tips lagi yaitu..

    Ulangi dan ulangi ketiga cara diatas.

Jika kamu terus mengalami masalah yang sama, terus ulangi poin diatas. Meskipun kamu melakukan les atau pelajaran tambahan, tapi poin diatas tidak kamu praktekan ya percuma saja. Bisa yak arena ada kemauan untuk bisa. Jika didalam dirimu tidak tertanam keinginan untuk bisa maka jangan berharap untuk bisa. Ada satu poin lagi yang sangat penting dan tidak boleh ketinggalan. Apa?

    Berdoa

Meski kamu bisa tapi tidak berdoa bisa saja jawabanmu salah. Mungkin jawabanmu benar tetapi mungkin kamu akan salah memilih opsi jawaban. Ada juga yang benar-benar tidak bisa tetapi mendapt nilai bagus karena dia berdoa dan Tuhan mengabulkan doamu. Karena bagi Tuhan semua akan sangat mudah

Share this Post:

Post Terkait